Cara Menulis

Sama seperti mendaftar, langkah awal menulis dengan mengklik menu akun dulu, kemudian:

  1. Pilih menu masuk:

2. Setelah masuk klik tanda +

3. Lanjut klik tulisan Pos

4. Setelah masuk, pada kolom Add title tulis judul artikel, selesai itu klik di bawahnya yang ada tulisan start untuk mulai menulis isi artikel

5. Saat menulis isi artikel, kalau mau menyertakan gambar di tengah artikel klik tanda + di pojok kiri atas

6. Pilih yang logo image

7. Klik upload

Setelah memilih upload, nanti akan diarahkan ke dalam memori device (hp atau laptop) masing-masing untuk mencari gambar.

Catatan: kalau tidak menyertakan gambar juga tidak apa, berarti artikel berisi tulisan saja.

8. Selesai menulis artikel sebelum mempublish terlebih dulu harus mensetting kategori dan tag artikel. Gunanya nanti untuk menentukan di mana artikel kita akan ditampilkan di halaman web. Caranya, terlebih dulu klik tombol setingan seperti gambar di bawah:

Selesai klik tombol setingan akan muncul halaman:

Di atas bisa dilihat pilihan untuk menseting kategori, tag dan gambar unggulan. Jika tidak muncul gambar di atas, kemungkinan yang terpilih halaman “block” seperti gambar di bawah:

Gambar di atas muncul karena yg terbuka halaman “block”, untuk memunculkan setingan kategori, tag, dan gambar unggulan, tinggal mengganti “block” di atas menjadi “document”

9. Setelah halaman document terpilih, silahkan setting kategori dengan cara;

Pilih kategori di mana artikel kita mau disimpan. Untuk menyelesaikan klik tanda panah orange.

10. Untuk mensetting tag, ikuti gambar berikut:

Seperti gambar di atas, tulis tag yang kita inginkan, untuk memisahkan antar tag, tekan tanda koma “,” pada keyboard. Seperti di atas, setelah menulis “Indonesia” tekan “,” baru menulis “Pancasila” dan seterusnya.

Gunanya tag ini pada dasarnya sama seperti kategori, yaitu untuk mengelompokan artikel. Beda hanya yang kategori itu umum, dan tag lebih khusus. Jadi nanti di halaman web, saat di klik tag “Indonesia” maka semua artikel di web ini akan yang memiliki tag “Indonesia” akan muncul.

11. Setelah selesai setting kategori dan tag, kemudian menambahkan gambar unggulan. Beda dengan gambar yang di tengah artikel. Gambar unggulan ini muncul di halaman web sebagai gambar utama. Caranya:

12. Lalu pilih berkas:

13. Setelah itu pilih gambar di HP atau laptop kita, lalu tekan unggah berkas

14. Setelah gambar diunggah, maka akan masuk ke pustaka media, kita centang dan klik select di pojok kanan bawah.

15. Setelah klik select, maka gambat akan muncul di setingan:

Setelah muncul klik kembali tanda panah.

Catatan lagi: sama seperti gambar di dalam artikel, gambar unggulan ini pun bukan suatu keharusan, kalau tidak memerlukan upload gambar, berarti bagian ini bisa dilewati.

16. Selesai semua, tinggal sekarang publish, atau menayangkan artikel kita di web. Namun sebelumnya harus hilangkan klik dulu tanda “x” seperti pada gambar:

17. Baru setelah tanda “x” dihalangkan akan muncul “publish”

18. Publish ini ada 2x klik, untuk yang kedua sebagai konfirmasi, apakah artikel sudah yakin akan ditayangkan?:

19. Setelah diklik publish yang ke-2 berarti artikel kita sudah tayang di web, tandanya ada tulisan “judul artikel” is now live.

Untuk melihat hasilnya, silahkan klik “Tampilkan pos” seperti ditunjukkan panah di atas.

20. Hasilnya di web akan terlihat:

Kalau sudah tayang seperti itu, kalau kita mau teman dan kerabat kita membaca, tinggal share artikel tersebut ke medsos (facebook, twitter, linkedin, whatsapp, line, instagram), caranya dengan mengklik logo-logo seperti ditunjukkan oleh tanda panah sebelah kiri di atas.

Untuk tanda panah sebelah kanan, itu dipilih jika kita mau share ke media yang belum terwakili pada medsos di atas, misalnya mau share ke email, sms dan lainnya.

Kalau masih ada yang mau ditanyakan, silahkan hubungi kami dengan isi kontak form berikut:

(Visited 338 times, 41 visits today)
Bagikan tulisan dengan klik ikon di bawah ini:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •