Proposal

Proposal Lomba Menulis dan Penayangan Film 3D Edukasi di Sekolah

Latar Belakang

Pengantar

Salam Hangat,


Dalam rangka memperkenalkan teknologi berbasis edukasi, sekaligus sarana hiburan yang sangat menarik, dengan ini kami menyampaikan proposal untuk mengadakan lomba menulis di website dan memperkenalkan teknlogi film edukasi dalam format 3 Dimensi kepada anak didik di Sekolah yang Bapak/Ibu pimpin.

Lomba menulis diadakan antar siswa di sekolah masing-masing secara gratis. Dan di kemudian hari bisa diadakan lomba se-kecamatan atau kota/ kabupaten di wilayahnya. Hadiah disediakan oleh kami/sponsor. Sedangkan nonton bersama Film 3D edukasi itu berbayar. Untuk alasan keuangan, maka acara ini biasanya sangat diminati sekolah swasta (karena sekolah negeri biasanya terkendala tidak boleh ada pungutan, kecuali ada sponsor yang membiayai, atau ada kesepakatn dengan komite sekolah)

Lomba menulis di website dilatarbelakangi :

  1. Keprihatinan terkait kondisi masyarakat Indonesia yang mendapat nilai tidak baik terkait literasi:
    Indonesia menempati peringkat 60 dari 61 negara dari sisi kemampuan membaca dan menulis. Nilai tersebut berdasarkan dari pemeringkatan literasi internasional yang dilakukan oleh Most Literate Nations in the World, yang diterbitkan Central Connecticut State University, Maret 2016.
  2. Mengenalkan dunia internet untuk kebutuhan pendidikan. Saat ini lebih banyak anak-anak kenal internet melalui gadget yang digunakan untuk main game. Di website kami tersedia Buku Sekolah Elektronik gratis yang diterbitkan Kemdikbud Kurikulum 2013. Anak-anak bisa membaca buku tersebut di mana pun dan kapan pun tanpa kendala harus bawa buku secara fisik
  3. Dengan bersama mengembangkan situs jurnalismewarga.net tempat di mana lomba menulis ini diupload, maka terwujudnya ide dibalik pembuatan situs ini akan lebih besar. Lebih lengkapnya bisa mengikuti tautan berikut
  4. Dalam pelajaran agama diterangkan ada 3 hal yang tidak akan terputus sampai alam kubur: Amal Jariyah, Anak sholeh/sholehah yang mendoakan, Ilmu yang bermanfaat. Terkait Ilmu yang bermanfaat, bagi guru itu sudah menjadi kegiatan sehari-hari. Untuk masyarakat biasa, Ilmu bermanfaat bisa dicapai salah satunya dengan menyebarkan ilmu pengetahuan melalui tulisan. Hasil tulisan dishare melalui media internet tentu akan berdampak lebih baik, dengan jangkauan lebih luas.
  5. Bagi sekolah, lomba menulis di website sendiri merupakan alat lain untuk media pembelajaran. Secara tidak langsung kegiatan ini pun merupakan alat marketing tersembunyi. Berdasar pengalaman kami, setiap tulisan peserta lomba akan dilihat oleh banyak sekali pembaca, karena salah satu syarat lomba adalah membagi tulisannya di medsos (Facebook, Twitter, WA,Instagram, Email dll). Sehingga, makin banyak tulisan yang dibaca, maka nama sekolah/ kecamatan/ kota/ kabupaten akan lebih banyak dikenal. Seperti terlihat di tangkapan layar di bawah ini:
Tulisan Terpopuler Perbulan

Sedangkan Film 3Dimensi merupakan sarana hiburan yang sangat disukai anak-anak, karena efeknya yang seolah gambar ada di luar layar dan serasa kita ada di dalam filmnya. Dengan menyelipkan konten edukasi di dalamnya diharapkan pemahaman mereka terhadap pelajaran akan semakin baik. Konten edukasi yang dimaksud bisa berupa tayangan: dunia bawah laut, luar angkasa, dinosaurus, konservasi hutan, rolling coaster dll

Manfaatnya:

  1. Siswa dapat memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca), sebagaimana bunyi butir salah satu Kompetensi Inti Kurikulum 2013. Selain itu siswa pun dapat mengenal teknologi film 3D bertema pendidikan, sehingga bisa memahami pelajaran lebih baik, sekaligus dapat terhibur dan terstimulasi untuk menyukai dunia teknologi.
  2. Berdasar penelitian di London, film yang ditayangkan berformat 3D membuat penonton lebih cerdas
    http://www.suara.com/tekno/2015/05/24/161657/studi-nonton-film-3d-bisa-bikin-anda-lebih-cerdas
  3. Biaya yang dikeluarkan lebih rendah dibanding harus berangkat ke destinasi khusus yang menyelenggarakan acara tersebut (mis: Planetarium/ Keongmas/ Dufan), mengingat siswa harus mengeluarkan: ongkos, tiket, jajan dll. Di sini kami hadir sebagai solusi. Dengan bisa dibawanya peralatan pendukung 3D ini ke sekolah, tentu kendala-kendala di atas bisa teratasi. Terutama bagi peserta/siswa yang terkendala masalah keuangan.

Edukasi dan Hiburan

Proses belajar mengjar tentunya sudah merupakan kewajiban bagi setiap anak didik. Tapi adakalanya timbul kejenuhan dengan rutinitas yang berulang

Rutinitas Tanpa disertai relaksasi

Maka dibutuhkan penyegaran atas situasi tersebut. Film 3D adalah salah satu media hiburan yang sangat disukai anak-anak, karena efeknya yang seolah gambar ada di luar layar dan serasa penonton ada di dalam filmnya. Dengan menyelipkan konten edukasi di dalamnya diharapkan pemahaman mereka terhadap pelajaran akan semakin baik.

Suasana Nonton Film 3D Edukasi di Sekolah

Tentunya dengan ditambah lomba menulis, kegiatan ini akan semakin bisa dirasakan manfaatnya.

Tentang Jurnalismewarga.net

Web ini kami dedikasikan bagi pembaca, sebagai sarana bagi kita untuk berbagi informasi dan pengetahuan. Dengan makin banyaknya perbedaan pendapat antar umat beragama dan antar golongan, besar harapan kami situs ini bisa jadi media pemersatu, yang menjadikan Indonesia lebih baik lagi ke depannya. Menjadikan perbedaan sebagai sebuah fakta, dan menjadikannya bermanfaat jika diramu secara baik dan penuh tanggungjawab.

Sehingga jika Allah berkenan, sehingga suatu saat nanti situs ini besar, banyak penulis dan juga pembaca. Tulisan-tulisan yang menyejukan dan mempersatukan akan lebih banyak dibaca, dibanding yang menulis tanpa tanggungjawab penuh hoax ataupun fitnah.

Lebih lengkapnya terkait latar belakang pembuatan situs ini bisa mengikuti tautan berikut

Tentang Film 3D

Film 3D pada dasarnya sama dengan film biasa, sehingga produsen film terkenal di dunia sering membuat 2 versi saat sebuah film ditayangkan di bioskop.

Proses Pembuatan Film berformat 3D

Bedanya adalah pada efek visualnya. Pada film 3D, gambar yang pada film 2D terlihat datar, dan tidak ada efeknya pada penglihatan penonton, di sini penonton akan serasa melihat gambar nyata, seperti penglihatan sehari-hari.

Hal ini terjadi justru memperlihatkan kekuasaan Tuhan. Dimana 2 mata yang dimiliki manusia memiliki fungsi untuk bisa membedakan jarak. Sehingga di film 3D selain gambar terlihat nyata, adakalnya dibuat seolah akan menabrak penonton. Hal ini bisa dibuktikan saat seseorang memicingkan mata. Apabila ada orang lain melempar sesuatu ke arahnya, dia akan sulit menangkap benda tersebut.

Berdasar Penelitian di London: bahwa film yang ditayangkan berformat 3D akan membuat penonton lebih cerdas: http://www.suara.com/tekno/2015/05/24/161657/studi-nonton-film-3d-bisa-bikin-anda-lebih-cerdas

Visi, Misi dan Tujuan

Visi

Mewujudkan Pelajar Indonesia Beriman, Cerdas, Gembira, Berwawasan Global

Misi

  1. Menanamkan Keimanan dan ketakwaan melalui tontonan yang menggambarkan kekuasaan Pencipta
  2. Mengoptimalkan proses pembelajaran
  3. Mengembangkan bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi berdasarkan program yang mendidik.
  4. Menjalin kerjasama yang harmonis antar warga sekolah, dan lembaga lain yang terkait.

Tujuan

  1. Mengembangkan budaya sekolah yang religius melalui kegiatan yang menstimulasi keimanan dan ketakwaan
  2. Semua sekolah melaksanakan pendekatan pembelajaran yang edukatif dan menghibur.
  3. Mengembangkan berbagai kegiatan dalam proses belajar di kelas berbasis revolusi mental
  4. Menyelenggarakan berbagai kegiatan sosial yang menjadi bagian dari pendidikan karakter bangsa.
  5. Menjalin kerja sama dengan lembaga lain dalam merealisasikan program sekolah.

Teknis

  1. Waktu dan Syarat Ketentuan Lomba menulis, untuk contoh kunjungi tautan berikut: Lomba Menulis MI Sirojul Athfal 1
  2. Penjadwalan Penayangan Film 3D: Setelah Proposal diterima masing-masing Kepala Sekolah, apabila disetujui langsung dibuat penjadwalan.
  3. Sehari sebelum tayang operator memastikan jadwal yang sudah disepakati bersama, sekaligus memasang alat-alat untuk acara besoknya
  4. Pada saat Hari-H, operator menayangkan film 3D, dan mendokumentasikan kegiatan di tiap sekolah
  5. Setelah selesai tayang, operator meminta Surat Bukti Tayang yang ditandatangani pihak Sekolah

Biaya

Silahkan menghubungi kami di

081311997715

(Visited 246 times, 1 visits today)
Bagikan tulisan dengan klik ikon di bawah ini:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •