Karena Ada Perbedaan, Maka Terciptalah Kehidupan

Bagikan tulisan dengan klik ikon di bawah ini:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Daftar Isi

Manusia, Binatang dan Tumbuhan dalam Kehidupan

Kita ambil manusia sebagai contoh sempurna. Dari tiga makhluk Tuhan yang disebutkan di atas. Untuk bagaimana menggambarkan adanya kehidupan, dari adanya perbedaan.

Masih ingat kan pelajaran biologi? Sekujur tubuh manusia, dari ujung rambut sampai ujung kaki terlihat begitu berbeda – – dilihat dari bentuk dan fungsinya. Tapi ternyata itu semua dibuat dari asal yang sama. DNA yang sama.

Buktinya: mau lebih akurat, lihatlah bentuk DNA dari masing-masing sel pembentuknya. Dengan mikroskop tercanggih saat ini. Bandingkanlah sel di ujung rambut, dan sel di ujung kaki. Niscaya semua susunan DNA itu akan terlihat identik.

Kalau mau melihat lebih jauh lagi. Ambillah sel rambut dan sel di kaki itu. Kemudian masing-masing keluarkan inti selnya.

Di tempat terpisah, ambil sel telur dari 2 orang perempuan – – masing-masing 1 saja. Kemudian keluarkan inti selnya, lantas masukkan inti sel dari rambut dan kaki tadi menggantikan inti sel telur yang dikeluarkan. Masukkan ke rahim masing-masing perempuan tadi.

Maka niscaya, kedua sel itu akan tumbuh menjadi manusia semurna. Yang sama persis wujudnya. Alias identik. Walaupun yang 1 berasal dari rambut, dan satunya dari kaki.

Itulah yang dinamakan Cloning. Yang sudah berhasil dibuktikan pertama kali pada domba Dolly. Pembuktian pada manusia sendiri secara resmi belum ada yang berani melalukan. Karena terkendala kode etik. Tapi kabarnya sudah ada yang melakukan diam-diam.

Artinya dari bukti-bukti di atas: wujud makhluk hidup yang demikian sempurna. Itu semua terlihat indah karena adanya perbedaan wujud dan fungsinya. Ada otak, mata, hidung, kaki, tangan, telinga, kulit, tulang, jantung dan lain sebagainya. Semua perbedaan bentuk dan fungsi itu diciptakan dari susunan DNA yang sama.

Atom Berbeda, karena Jumlah Penyusunnya yang Berbeda

Atom merupakan materi penyusun dari DNA. Artinya atom penyusun tubuh makhluk hidup, juga benda mati.

Ia terdiri dari proton, elektron dan neutron. Perbedaan jumlah masing-masing penyusunnya itulah yang menjadikan atom berbeda. Antara hidrogen, besi, helium, alumunium dan semu yang ada di daftar periodik kimia itu. Yang interaksi di antara mereka menimbulkan hukum fisika, dan hukum-hukum alam lainnya.

Atom itu disebut berbeda, padahal penyusunnya dibentuk dari proton, elektron dan neutron yang sama. Hanya karena jumlah berbeda, kemudian masing-masing bergabung untuk menyusun protein, karbohidrat dan molekul lainnya maka ia bisa menciptakan kehidupan.

Angka Berbeda Jumlahnya

Pernahkah kamu perhatikan angka. 1 sampai 10 saja. Atau silahkan juga perhatikan berapa pun angka yang mau kamu hitung.

Kelihatan berbeda betul? Padahal hakikatnya ia adalah angka 1 yang berbeda jumlah.

Masih belum faham?

1 = 1

2 = 1 + 1 (1 berjumlah 2)

3 = 1 + 1 + 1 (1 berjumlah 3)

Dan seterusnya..

Hikmah dari Perbedaan

Dari tulisan di atas, kita bisa melihat. Bahwa ternyata kehidupan diciptakan dari adanya perbedaan. Perbedaan yang diciptakan dari kesamaan yang berbeda jumlah.

Makin kompleks, kesamaan yang berbeda jumlah itu akan memiliki beda bentuk. Kemudian juga berbeda fungsinya. Yang karenanya maka tercipta keindahan.

Pernahkan anda bayangkan jika sel sel tubuh kita tidak ada perbedaan? Artinya sama semua? Misalnya terdiri dari kulit semua? Atau terdiri dari tulang semua? Atau terdiri dari rambut semua?

Demikian juga atom, jika hanya ada hidrogen saja? Jika ada besi saja? Jika ada oksigen saja?

Bagimana kita bisa menghitung kalau angka hanya 1 saja? Kemudian 1 itu tidak ada 2? Tidak berjumlah 3?

Kesimpulan

Jadi, masihkah kita tidak menghargai perbedaan?

Agama, Suku, Bangsa, Ras, Musim, Negara.. semua berbeda. Bahkan ada kebaikan dan kejahatan. Ada surga dan neraka.

Kalau kamu menghendaki semua sama, itu artinya kamu tidak suka dengan kehidupan.

Artinya juga, kamu tidak menyadari keberadaan Tuhan – – yang menciptakan semua itu. Dan yang kalian perebutkan itu 😊

(Visited 25 times, 1 visits today)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Asep Ma'mun Muhaemin

Asep Ma'mun Muhaemin

Saya membuat situs jurnalismewarga.net ini dengan 1 visi 1 misi : Persatuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *