19/07/2024
Uncategorized

Misi Jiwa

Spread the love

Ada bagian itu. Pada tiap sisi diri kita. Manusia yang memiliki jiwa. Untuk mengemban misi yang sadar/tidak melekat pada dirinya.

Yang sadar dan berusaha terus menggali kesadarannya. Tentu ada rencana yang ingin digapai. Menyesuaikan dengan apa yang dibutuhkan kehidupan semasa dihadirkan di dunia. Memperbaiki dan atau menyeimbangkan tatanan sesuai dengan yang semestinya.

Yang tidak diberi kesadaran bahwa dirinya begitu berharga. Hidup mengalir apa adanya. Kadang terlihat baik/buruk sesuai penilaian zaman. Yang kesemuanya itu melengkapi bagian yang sama pentingnya dengan yang diberi kesadaran – – bagi kehidupan.

Persaingan untuk mempertahankan eksistensi masing-masing. Membuahkan permusuhan dengan bentuk paling nyata berupa peperangan. Terlepas dari siapa yang dianggap bersalah. Tiap sisi akan menyatakan dirinya benar sisi lain salah, demikian juga sebaliknya.

Nilai yang menjadi penentu benar/salahnya suatu tindakan begitu beragam. Norma agama, norma hukum, norma sosial dan berbagai norma lainnya. Menghiasi tatanan kemasyarakatan dari yang paling kecil sampai komunitas global. Kadang seiring sejalan, kadang bentrok di tengah jalan.

Semestinya ada satu masa di mana semua itu disadari bersama. Selayaknya organisasi tubuh kita bekerja. Perbedaan fungsi dan peran tak menjadikannya hancur berantakan. Akan tetapi mengisi bagiannya masing-masing, untuk supaya kehidupan berjalan sesuai yang dikehendaki Tuhan.

(Visited 9 times, 1 visits today)
Asep Ma'mun Muhaemin

Asep Ma'mun Muhaemin

Saya membuat situs jurnalismewarga.net ini dengan 1 visi 1 misi : Persatuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *