Kandungan Kebenaran

Bagikan tulisan dengan klik ikon di bawah ini:

Al-Qura’an itu diturunkan tentu ada maksud dan tujuan untuk apa diturunkan. Kemudian ada cara bagaimana melaksanakan tujuan itu. Dan tentu harus ada bukti kebenarannya, bagi mereka yang tidak percaya.

Tujuan itu tertera dalam kandungannya. Secara ringkas ada 3 yang menjadi pokok kandungan Al-Qur’an, yaitu: Aqidah, Syariat dan Akhlak.

Sebagai umat yang meyakini Islam sebagai agama kebenaran, tentu harus berpegang pada petunjuk yang ada dalam kitab sucinya. Maka memaknai apa yang terkandung dalam Al-Qur’an adalah keharusan.

Hanya saja, saat ini banyak dari kita lebih fokus pada ibadah dalam bentuk qiroah saja. Atau sebatas pada membaca saja – – walaupun tidak dipungkiri, sebatas membaca itu pun merupakan salah satu bentuk ibadah.

Tapi, bagaiman kita bisa mengikuti petunjuk yang ada dalam Al-Qur’an kalau kita tidak mengerti dan memahami artinya. Padahal pemahaman itu lah yang akan mendorong kita sampai pada aksi untuk mengamalkannya.

Dan pengamalan itulah yang akan menuntun kita pada tujuannya. Bagiamana dari sebuah kampung bisa sampai ke Jakarta, kalau kita tidak mengetahui bagaimana cara untuk sampai pada tujuan itu. Setelah tahu caranya, baru kita berjalan sesuai dengan petunjuk itu. Dan pada akhirnya sampai pada tujuan yang ingin kita capai.

Asep Ma'mun Muhaemin

Asep Ma'mun Muhaemin

Saya membuat situs jurnalismewarga.net ini dengan 1 visi 1 misi : Persatuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *