Riak Rona

Bagikan tulisan dengan klik ikon di bawah ini:

Perubahan akan tetap berjalan. Ada sepanjang zaman. Memperbaiki apa pun yang tak enak dipandang. Yang berhasil dilakukan atas dukungan sebagian besar pelaku zaman.

Berjalanlah untuk kehidupan. Jangan berdiam lama-lama, nanti akan berkarat sepeti besi. Atau basi seperti makanan yang tak layak lagi dikonsumsi. Setidaknya setelah berjalan, rejeki pun akan menghampiri.

Orang kaya pun kalau sudah malas beraktifitas. Ia cepat meninggal bukan karena tak mampu beli obat. Tapi makanan lebih banyak dikonsumsi, sedangkan badan dibiarkan tak bergerak – – apalagi olahraga rutin. Makin lama struktur tubuh tak lagi mampu menopang sistem kehidupan.

Semangatnya berkarya, lain orang lain sebab. Jenis asal motivasi akan sangat berpengaruh, tergantung pada apa yang dituju. Dan apakah itu akan berkelanjutan atau tidak? Saat ada tantangan, apakah mampu bangkit lagi atau tidak?

Mengambil sisi positif dari setiap apa pun yang terjadi. Akan sangat menentukan mau dibawa ke mana jiwa kita. Rasa apa yang akan kita punya. Karena dengan penerimaan itulah hidup kita akan nyaman.

Bisa mengambil sisi positif, artinya kita menghadapi sesuatu. Sehingga kita mampu menilai, mau dipandang sebagai kebaikan bagi diri. Atau sebaliknya.

Tapi bagi yang tidak melakukan apa-apa. Dunia tidak bisa menilai kita. Apakah sedang ada atau menghilang entah ke mana. Sehingga tak ada nilai juga yang bisa disematkan. Apakah kita sudah melakukan kebaikan, ataukah bertentangan dengannya.

Kesalahan yang terlanjur dilakukan. Bisa menjadi sisi positif, bagi mereka yang mengambil pelajaran darinya. Dan dari situ pula ujian kehidupan akan bisa dilihat apa nilainya.

Selain berguna untuk hati-hati di masa depan. Supaya tidak melakukan kesalahan yang sama. Sehingga tidak mendapat akibat yant tak mengenakkan kedua kalinya. Juga sebagai bahan cerita. Pada sesama. Supaya mereka yang belum pernah melewatinya. Pun bisa menghindar, jika melihat lubang yang sama.

(Visited 7 times, 1 visits today)
Asep Ma'mun Muhaemin

Asep Ma'mun Muhaemin

Saya membuat situs jurnalismewarga.net ini dengan 1 visi 1 misi : Persatuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *